Wednesday, 13 November 2013

Front Desk (Receptionist)

Haiii teman, apa kalian tau tentang receptionist? Mungkin,orang yang pekerjaannya menerima tamu..yaa kan? gak salah kok teman, jika jawaban kalian itu..
ayooooo kita akan belajar bersama,apa itu receptionist?

Receptionist
    Adalah orang / petugas yang pertama kali menyambut dan memberi salam ke setiap tamu yang datang ke hotel. Lalu ia mendaftarkan tamu, mencarikan kamar yang siap ditempati tamu baikatas sarannya atau permintaan tamu, memberikan atau mengeluarkan kunci kamar. Ia juga harus menyediakan informasi bagi tamu sehubungan dengan pelayanan atau fasilitas yang tersedia di hotel serta informasi di luar hotel


Kepribadian receptionist
    Menurut Ny.Yoesoef Noesyiwan, ada 4 aspek kepribadiaan seseorang bila menjadi receptionist, yaitu :
  1. vatalitas adalah semangat pribadi seseorang, pusat tenaga yang relatif konstan atau menetap.
  2. temperamen adalah warna - warni emosi, penghayatan dan pengamalan, berupa cara seseorang bereaksi terhadap suasana jiwa.
  3. watak adalah inti atau hakikat kepribadian atau hasrat, perasaan dan kehendak  pribadi mengenai nilai.
  4. bakat adalah sebuah kemampuan dari seseorang timbul karena bakat dan kemampuan.
Syarat - syarat jabatan receptionist
    Sudhir Andrews, berpendapat serta menjelaskan bahwa syarat-syarat  jabatan seorang receptionist adalah :
  1. salesman adalah seseorang yang mendorong tamu untuk menghabiskan uangnya di hotel.
  2. problem solver adalah seseorang yang bertugas membantu memecahkan masalah dan ia harus bertindak diplomatis seta mampu memecahkan masalah dengan cepat.
  3. a reference point adalah seseorang yang mampu meneruskan informasi baik ke tamu atau ke departemen lainnya.
  4. coordinator adalah seseorang yang mampu berkoordinasi dengan pihak luar, guna memberikan pelayanan yang baik bagi tamu
  5. image builder adalah seseorang yang dapat mengembangkan citra hotel dengan berpenampilan rapi dan sopan, serta berkomunukasi dengan baik dan efisien.
Job description seorang receptionist
     Seorang receptionist mempunyai seksi untuk menerima tamu yang bertanggung jawab terhadap supervisor receptionist, dan departemen ini masuk dalam departemen kantor depan. Maka dari itu, tugas dan tanggung jawab seorang receptionist adalah :
  1. menjaga akurasi rak kamar ( jika beroperasi secara manual)
  2. memeriksa dengan baik dan teliti untuk tamu yang check-in pada hari ini. Dapat di lihat pada:
  • expected arrival list (EA List)
  • today's reservation rack
  • reservasi koresponden 
      sebelum kamarnya di blok terlebih dahulu ditetapkan room assigment
     3.  menghitung jumlah kamar yang tersedia (jika tingkat hunian tinggi
     4. membuat persiapan tamu VIP
     5. membuat persiapan tamu rombongan
     6. menerima tamu yang datang secara walk-in guest
     7. menerima tamu perorangan secara reservasi
     8. menerima tamu VIP
     9. menerima tamu rombongan
    10. menyusun laporan rincian penjualan kamar
    11. menyusun laporan rekapitulasi penjualan kamar
    12. menyusun laporan tamu yang menginap
    13. menyusun laporan tamu yang di harapkan check-out (expected departure list)
    14. menangani tamu check-out
    15. menangani pindah kamar (room change)
    16. menangani keluhan tamu (guest complaint)

nahh, itu yang kita pelajari tentang receptionist.. semoga bermanfaat buat kalian yaa guys.. :))





Referensi: buku Receptionist Hotel; karya Agusnawar,A. Md., Par; PT Gramedia Pustaka Utama; Jakarta, 2004

2 comments:

  1. hahaha..... BackGround Blogger nya lucu :D

    Love you ...

    ReplyDelete
  2. Wow, thanks for ur information :D
    May I know about the job description of reservationt or another section in Front Office?

    ReplyDelete